Minggu, 10 Februari 2013

Agar Berenergi Sepanjang Hari, Makanlah Singkong Saat Sarapan!

thumbnail
Foto :detikfood


Jakarta - Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang populer di berbagai daerah. Banyak variasi sajian singkong yang enak. Karenanya tak ada salahnya sesekali menyantap singkong untuk sarapan. Umbi yang satu ini kaya akan sejumlah nutrisi penting.

Umumnya singkong berbentuk bulat panjang dan terbungkus kulit berwarna cokelat dan tebal. Setelah dimasak daging umbian ini bertekstur empuk dan padat. Digoreng, dikukus atau direbus sama lezatnya.

Di daerah Jawa Tengah singkong sering dijadikan menu sarapan. Umumnya singkong diolah menjadi tiwul, yaitu singkong yang sudah dikeringkan kurang lebih sebulan kemudian di tumbuk, diayak dan diberi sedikit air agar lembab dan dikukus. Semakin lezat dimakan dengan parutan kelapa.

Singkong mengandung hampir dua kali lipat kalori dibandingkan kentang. Dalam 100 gramnya mengandung sekitar 160 kalori, yang sebagian besar berasal dari sukrosa yang terhitung lebih dari 69 pesen dari total gula. Selain itu juga mengandung amilosa yang merupakan gula sumber karbohidrat kompleks utama sekitar 16-17 persen.

Selain itu juga banyak mengandung vitamin B6, tiamin, asam folat dan riboflavin. Sejumlah mineral juga terdapat di dalamnya, ada magnesium, zat besi dan mangan. Juga kalium sekitar 271 mg per 100 gram singkong. Kalium dalam singkong merupakan komponen penting dalam mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

Meskipun begitu, asupan singkong harus tetap dibatasi karena mengandung gula cukup tinggi. Singkong bisa dikonsumsi setiap hari dengan porsi 100 gram perhari. Sebaiknya makanlah buah segar setelah makan singkong untuk menambah asupan serat harian Anda.
(odi/dyh)
(Sumber :detikfood)

  Ad

6 komentar: